Piano Tuning

Harap Diperhatikan:

  1. Servis untuk perawatan dan perbaikan permasalahan mekanis Piano & Grand Piano adalah kategori servis mekanik yang dilakukan oleh teknisi yang berbeda dan tidak termasuk jasa Tuning Piano.
  2. Tuning Piano adalah mengatur & menyesuaikan ketegangan seluruh senar pada Piano, agar menghasilkan frekuensi nada yang tepat.
  3. Tidak semua Piano bisa diperbaiki dan/atau di-tuning. Pada kondisi Piano tertentu yang sudah terlalu buruk, teknisi kami akan terpaksa membatalkan servis.
  4. Pemilik piano, walaupun secara awam, diharapkan bisa menceritakan keperluan dan permasalahan Pianonya secara detail, agar mendapatkan layanan yang sesuai.
  5. Proses tuning akan menghabiskan waktu kurang lebih 1-3 jam (tergantung kondisi ruang dan piano).

Biaya Transport:

– GRATIS untuk wilayah DENPASAR, KUTA, SANUR
– NUSADUA, UBUD, TABANAN biaya transport Rp. 250.000,-
– Untuk area lebih jauh dari 25km: Rp. 450.000,- s/d tidak terbatas, disesuaikan dengan jarak, waktu dan biaya tempuh


Tips untuk merawat piano:

Piano dibuat untuk bertahan dalam waktu lama, kemungkinan untuk lebih dari 40 tahun, tapi hal ini tergantung pada cara perawatannya.

Jika Anda sudah memiliki piano akustik – atau Anda berencana untuk membeli – pastikan kondisi ruang yang tepat di mana Piano tersebut akan diletakkan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan sendiri untuk memaksimalkan usia piano, tanpa perlu memanggil teknisi servis. Gunakan tips-tips di bawah untuk menjaga piano dalam kinerja yang baik.

1. Bukalah tutup key Piano secara berkala.

Menjaga piano tertutup saat tidak digunakan adalah kebiasaan yang baik. Karena  debu dan partikel udara lain dapat terkumpul diantara tuts piano, menyebabkan masalah macetnya tuts. Namun, jika piano tertutup terlalu lama, pertumbuhan jamur juga dapat terjadi.

Apabila jarang dimainkan, bukalah tutup piano beberapa kali dalam 1 minggu, terutama pada siang hari. Cahaya matahari tidak langsung dan sirkulasi udara yang baik akan mencegah pertumbuhan jamur di dalam piano.

Piano bisa dibersihkan menggunakan kain lembut sesekali, atau dengan vacuum cleaner, untuk mencegah penumpukan debu.

2. Jangan pernah meletakan gelas atau botol minuman di Piano!

Jika rembesan cairan antara tuts piano dan mencapai interiornya, dapat menyebabkan kerusakan berat (dan mahal). Bahkan, mungkin sampai pada kondisi tidak bisa diperbaiki.

Apabila cairan masuk ke keyboard piano, segeralah menyeka cairan yang berlebih dari permukaan tuts. Untuk menghindari rembesan air lebih lanjut, jangan menekan tuts saat melakukan hal ini.

Apabila banyak cairan masuk diantara tuts, segera hubungi teknisi piano kami. Tidak kami sarankan untuk mencoba membongkar tuts piano sendiri tanpa pengalaman karena akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Untuk tumpahan pada keyboard digital: Cabut segera aliran listrik. Jangan mencoba untuk mengguncang keyboard, ini dapat mendorong cairan merembes lebih dalam lagi. Tunggu beberapa hari sampai kering sebelum mencoba dinyalakan, atau dibawa ke service center Irama Indah untuk di-cek secara keseluruhan.

3. Piano sangat sensitif terhadap fluktuasi kelembaban.

Tingkat kelembaban yang tinggi dengan cepat menyebabkan kayu memuai. Hal ini sering terjadi pada lobby-lobby hotel di Bali, apabila piano diletakkan di ruang terbuka dan dekat dengan pantai. (…dan kelembaban rendah bisa menyebabkan retak). Kayu piano dibuat melalui proses yang sangat rumit, dan kualitas suara sangat bergantung pada proses ini. Perubahan pada kayu akan mempengaruhi senar dan ketepatan nada.

Sebaiknya Piano diletakkan dalam ruang yang tertutup, dan lebih baik lagi untuk memantau tingkat kelembaban ruangan, dan mengatur dengan humidifier atau dehumidifier. Kelembaban ruang 40% sangat ideal.

Jauhkan piano jauh dari ventilasi pemanas dan jendela, dan selalu tutup pintu ruang piano jika ada dekat dapur atau kamar mandi. Suhu kamar sejuk (21-22 ° C) sangat ideal.

Jangan pernah membiarkan sinar matahari langsung mengenai Piano. Hal ini dapat merusak interior, dan menyebabkan perubahan warna dan retak pada permukaan piano.